Vitamin Yang Dibutuhkan Ibu Hamil

Vitamin Yang Dibutuhkan Ibu Hamil

Bagi ibu yang sedang hamil perlu memiliki pengetahuan tentang vitamin dan nutrisi bagi ibu hamil, mengapa demikian?, karena wanita hamil membutuhkan suplai vitamin dan nutrisi dalam jumlah yang banyak dan tidak sembarangan nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan oleh ibu yang sedang hamil. Maka dari itu mempelajari tentang hal tersebut sangat penting bagi ibu hamil.

Janin membutuhkan nutrisi yang cukup agar dapat bertumbuh dan berkembang menjadi bayi yang sehat. Jika Anda sebagai ibu tidak mendapatkan cukup nutrisi dan vitamin dari makanan yang Anda konsumsi, suplemen kehamilan dapat menjadi pelengkap dalam diet Anda.

Walau pada saat hamil tubuh membutuhkan nutrisi lebih, tetap ada batasan kadar nutrisi yang diperbolehkan. Penggunaan suplemen yang tidak sesuai kebutuhan harian, dapat menyebabkan kelebihan dosis dan menimbulkan efek samping yang tidak diinginkan. Hal ini terutama terjadi pada penggunaan suplemen vitamin atau mineral tanpa pengawasan; terutama zat besi, seng, selenium dan vitamin A,B,C serta D. Konsumsi vitamin dan mineral lebih daari dua kali kebutuhan harian selama kehamilan tidak dianjurkan.  Suplemen yang dibutuhkan saat kehamilan antara lain asam folat, zat besi, kalsium, seng, dan berbagai vitamin.

1. Asam folat

Asam folat merupakan salah satu jenis vitamin B. Asam folat dibutuhkan sejak sebelum kehamilan dan pada trimester awal kehamilan (12 minggu) untuk mencegah terjadinya cacat saraf, sebanyak 0,4 mg (400 mikrogram) sehari. Cacat saraf dapat terjadi bahkan sebelum ibu mengetahui dirinya hamil, karena perkembangan saraf terjadi pada mingu-minggu awal kehamilan. Untuk itu, setiap ibu yang berencana hamil, dianjurkan mengkonsumsi asam folat sejak 3 bulan sebelum kehamilan.

Asam folat terdapat pada makanan seperti sayuran hijau, buah sitrus, dan kacang-kacangan. Asam folat juga sering ditambahkan pada makanan seperti sereal, pasta, roti, dan beras. Namun, kebutuhan asam folat harian sulit dipenuhi jika hanya mengandalkan sumber makanan alami. Oleh karena itu, setiap wanita usia subur dianjurkan mengkonsumsi suplemen asam sejumlah 0,4 mg per hari.

Pada ibu yang memiliki riwayat melahirkan anak dengan cacat saraf, atau memiliki risiko tinggi seperti diabetes, anemia hemolitik, hamil kembar, atau mengkonsumsi obat-obatan tertentu membutuhkan dosis asam folat lebih tinggi sebesar 4-5 mg per hari. Pada keadan ini, sebagiknya suplementasi asam folat diberikan terpisah dan bukan sebagai produk multivitamin.

2. Zat besi

Zat besi pada sel darah merah membantu membawa oksigen ke seluruh tubuh, termasuk kepada janin. Ibu membutuhkan lebih banyak zat besi pada saat hamil untuk mendukung pertumbuhan janin dan memproduksi darah tambahan. Pada masa kehamilan, terutama pada trimester tengah, zat besi pada ibu akan banyak ditransfer kepada janin dan plasenta, memenuhi kebutuhan penambahan darah dari ibu, serta sebagai cadangan apabila terjadi perdarahan saat persalinan. Oleh karena itu, makanan sehari-hari jarang dapat memenuhi peningkatan kebutuhan ini dan ibu hamil harus mendapatkan suplementasi zat besi. Jika kekurangan zat besi, ibu akan rentan mengalami anemia. Pada saat kehamilan, setiap ibu harus memeriksakan kadar hemoglobinnya, dan diulang kembali saar usia kehamilan 28 minggu.

Jumlah kebutuhan harian zat besi saat hamil adalah sekitar 27 mg per hari. Suplemen zat besi baik dimakan saat perut kosong atau bersama dengan sumber vitamin C (seperti jus buah) untuk meningkatkan penyerapannya. Bila mengkonsumsi suplemen zat besi penting untuk memberitahukan pada dokter, karena ada obat-obatan yang tidak boleh diminum bersama dengan zat besi.

3. Yodium

Defisiensi yodium akhir-akhir ini semakin meningkat, dikarenakan penurunan konsumsi garam dan ketakutan akan merkusi pada ikan laut. Penelitian terbaru menunjukkan kekurangan yodium akan menyebabkan hipotiroidisme yang walaupun ringan akan dapat menimbulkan komplikasi di masa datang. Oleh karena itu, defisiensi yodium saat kehamilan sangat penting dicegah. Untuk ibu yang tinggal di daerah dengan tingkat defisiensi yodium yang tinggi, sangat dianjurkan mengkonsumsi suplemen yodium. Sedangkan pada ibu di luar daerah tersebut, dapat meningkatkan konsumsi makanan yang kaya yodium, memilih garam beryodium atau mengkonsumsi suplemen kehamilan yang juga mengandung yodium.

4. Vitamin

Tidak semua vitamin harus dikonsumsi dalam bentuk suplemen pada saat kehamilan. Sebagian besar kebutuhan vitamin dapat tercukupi dengan konsumsi makanan sehari-hari. Namun, ada beberapa keadaan yang membuat ibu hamil dianjutkan mengkonsumsi suplemen vitamin.

  • Vitamin B12: suplemen vitamin B12 penting untuk ibu vegetarian atau vegan karena sebagian besar sumber vitamin B12 terdapat pada daging. Suplementasi yang dianjurkan adalah sebesar 6 mcg per hari. Kekurangan vitamin B12 dapat menyebabkan kelainan saraf pada bayi.
  • Vitamin D: penelitian menunjukkan tingginya angka defisiensi vitamin D pada ibu hamil. Vitamin D penting untuk pertumbuhan tulang dan gigi janin, dan mencegah osteoporosis pada ibu. Jumlah yang dianjurkan saat kehamilan adalah antara 200-400 IU,
  • Vitamin K: vitamin K penting dikonsumsi pada masa kehamilan trimester akhir pada ibu dengan kolestasis (gangguan saluran empedu).

Tidak ada bukti penelitian yang menunjukkan pentingnya suplementasi rutin terhadap vitamin lain sepertivitamin A, C, dan E. Bahkan, konsumsi berlebihan vitamin, terutama yang larut lemak (vitamin A, D, E, K) dapat berbahaya.

5. Kalsium

Apabila tidak ada defisiensi vitamin D, kebutuhan kalsium akan terpenuhi dari konsumsi sehari-hari, baik pada saat hamil maupun menyusui. Namun, pada ibu dengan intoleransi laktosa sehingga tidak dapat mengkonsumsi susu dan produknya, atau rentan diet rendah kalsium, dianjurkan untuk mendapatkan suplementasi kalsium sebesar 1200 mg/hari.

Kebutuhan harian berbagai zat gizi saat hamil atau melahirkan secara umum meningkat.  Hal ini tidak berarti ibu harus mengkonsumsi sebanyak mungkin makanan dan suplemen untuk memenuhi kebutuhan harian zat gizi setiap harinya. Mengkonsumsi berbagai makanan yang bervariasi dan sesuai jumlah yang direkomendasikan akan meningkatkan pemenuhan zat gizi untuk ibu maupun janin.

Konsumsi Herbal Alami Vitamin Yang Dibutuhkan Ibu Hamil Menggunakan Herbal Alfalfa Complex Dari Shaklee

Alfalfa merupakan jenis tumbuhan yang mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan. Alfalfa merupakan tumbuhan jenis kacang-kacangan yang tanamannya dapat tumbuh dengan panjang hingga 1 meter. Nama latin dari alfalfa yaitu Medicago sativa. Tumbuhan alfalfa dapat berbunga dengan bentuk bunga kecil dan berwarna ungu. Tumbuhan alfalfa bisa bertahan dalam kondisi yang kerang air karena akar alfalfa memiliki akar yang dalam yaitu hingga mencapai 4,5 meter. Dengan sistem akar yang dalam menjadikan tanaman alfalfa mampu menyerap mineral yang tidak dapat didapatkan hanya dipermukaan tanah. Nama alfalfa berasal dari bahasa Arab yang mempunyai arti ayah dari tanaman.

Kandungan Daun Alfalfa

Tanaman alfalfatela terkenal sejak zaman dahulu dengan banyak khasiat untuk kesehatan. Orang Cina telah sejak berabad-abad menggunakan tanaman alfalfa sebagai bahan dasar pembuatan obat tradisional. Tanaman alfalfa mengandung banyak kandungan yang sangat baik untuk kesehatan seperti kalsium, magnesium, fosfor, kalium serta zat besi. Kandungan yangterdapat dalam tanaman alfalfa meliputi vitamin B, C, E serta K. Kandungan zat lain yang berguna bagi kesehatan dan tubuh kita dalam alfalfa diantaranya meliputi fluorida, protein, mineral, serat, asam lemak esensial serta antioksidan yang sangat baik untuk kesehatan.

Mengatasi berbagai keluhan kehamilan

Ibu sedang hamil sering mengalami keluhan seperti morning sickness, mulas, sembelit serta anemia. Daun alfalfa yang telah diekstrak menjadi tablet alfalfa akan mampu mengatasi berbagai keluhan yang dirasakan dan sering dialami oleh ibu hamil sehingga ibu hamil tidak akan begitu tersiksa dengan berbagai keluhan yang dialami.didaerah yang digigit.

Sama seperti kalsium yang sangat berguna untuk mencegah kehilangan darah yang berlebihan, vitamin K-pun juga memunyai peranan yang sangat penting dalam hal perdarahan. Vitamin K merupakan Anti koagulasi dan perannya yang penting dalam “menjaga kemampuan pembekuan darah pada tingkat yang tepat”. Gejala rendahnya kadar vitamin K termasuk anemia dan perdarahan. Untuk alasan ini, banyak bidan merekomendasikan suplemen vitamin K selama minggu-minggu terakhir kehamilan. Mereka memahami bahwa meningkatkan kadar vitamin K dapat membantu mencegah perdarahan. Semakin tingginya tingkat vitamin K juga akan menguntungkan bayi dan meningkatkan kandungan vitamin K dari kolostrum ibu, sehingga secara alami mengurangi risiko bayi mengalami perdarahan akibat vitamin defisiensi K. Beberapa sumber makanan yang sangat baik dari vitamin K antara lain: kangkung, bayam


Alfalfa merupakan sejenis tanaman herbal yang mengandung protein, vitamin, serta mineral yang tinggi. Kandungan Alfalfa inilah yang mendorong Dr. Shaklee pada tahun 1950 melakukan penelitian lebih mendalam dan berhasil membuat ekstrak dari Alfalfa dalam bentuk tablet yang kemudian dikenal dengan Alfalfa Complex dari Shaklee.

Alfalfa merupakan sumber nutrisi yang sangat baik , yang bermanfaat membantu meningkatkan nafsu makan, meringankan sembelit dan pembengkakan yang sering menyertai rematik dan radang sendi. Herbal ini sangat membantu sekali dalam mengobati ginjal dan infeksi saluran kencing dan detoksifikasi tubuh, terutama hati. Dan juga menghilangkan kembung serta retensi air.

Keistimewaan Alfalfa Shaklee

1 . Sumber terbaik dari daun alfalfa ( tanpa akar dan batang )
2 . Alfalfa Shaklee ditanam tanpa penyemprotan bahan kimia
3 . Di sediakan dalam dua paket berukuran 330 biji dan 700 biji
4 . Pil dapat dihancurkan dan dicampur dengan air sebagai minuman herbal alami
5 . Tidak memberikan mudarat kepada bayi yang menyusu seperti panas dan diare
6 . Alfalfa Shaklee tiada rasa buatan , pemanis , pewarna dan pengawet buatan .
7 . membersihkan hati
8 . Membantu melengkapakan zat dan nutrisi dalam diet seseorang

Selengkapnya Tentang Produk Alfalfa Complex Shaklee :

Harga Alfalfa Shaklee

Harga Alfalfa Complex Shaklee

Harga Alfalfa Complex Shaklee

  • Harga Alfalfa Shaklee untuk 330 kapsul Rp 350.000,-
  • Harga Alfalfa Shaklee untuk 700 kapsul Rp 600.000,-
  • Harga belum termasuk ongkir, Untuk perkiraan ongkir disesuaikan kota tujuan
  • Pengiriman setiap hari melalui JNE , TIKI , POS INDONESIA , DAKOTA
  • Konfirmasi transfer sebelum jam 5 sore bisa dikirim hari itu juga

 

Hal – hal yang harus dan perlu dihindari , Alfalfa complex dari shaklee walaupun bukan obat namun disarankan supaya efek terapi dari Alfalfa complex dari shaklee maksimal maka konsumsi sebaiknya tidak bersamaan dengan minum kopi atau teh ataupun susu dan juga tidak juga makanan dan minuman tertentu yang bisa menghambat proses penyerapan nutrisi di dalam tubuh. Kecuali diselingi waktu sekitar 1-2 jam.

Informasi lebih lanjut silahkan hubungi kontak person pada website.

Vitamin Yang Dibutuhkan Ibu Hamil

Incoming search terms:

You may also like...

%d bloggers like this: