Tumor di usus penyebab , gejala dan cara mengatasi

Tumor di usus penyebab , gejala dan cara mengatasi 

 

Apa itu tumor dan  terbentuknya 

Tumor usus adalah

  • Penyakit yang menyerang sel dalam tubuh kemudian sel berkembang secara tidak normal dan menjadi kanker ganas yang menyerang kolon atau rectum di bagian usus besar yang terdapat dalam sistem pencernaan, Penyakit ini sangat berbahaya dan bisa menyebabkan kematian.
tumor di usus

tumor di usus

Tumor merupakan sekelompok sel-sel abnormal yang terbentuk dari hasil proses pembelahan sel yang berlebihan dan tak terkoordinasi. Berdasarkan pertumbuhannya, tumor dibagi menjadi 2 golongan besar yaitu

  • Tumor jinak
  • dan Tumor ganas atau yang populer dengan sebutan kanker. Tumor dan kanker seringkali dianggap sama. Namun, ada perbedaan di antara keduanya.

Tumor jinak hanya tumbuh dan membesar secara lokal dan tidak menyerang jaringan tubuh didekatnya serta tidak mengalami metastatis (penyebaran ke organ tubuh lain disekitarnya).

Berbeda dengan tumor ganas yang tumbuh tak terkendali, menyerang jaringan tubuh disekitarnya, dan mengalami metastatis melalui sistem peredaran darah dan limfa. Tumor ganas inilah yang dikenal dengan kanker. Dunia kedokteran belum mengetahui penyebab pasti seseorang dapat menderita tumor tapi secara umum dipercaya bahwa proses terbentuknya tumor berkaitan dengan 3 faktor utama yaitu

  • faktor genetik (keturunan),
  • karsinogenik (onkogen),
  • dan co-karsinogen (co-onkogen).

Tumor yang awalnya jinak jika tidak diobati secara benar, akan meradang dan berubah menjadi tumor ganas alias kanker.

bahaya tumor ganas di usus

bahaya tumor ganas di usus

 

Gejala-gejala Penyakit Tumor

  • Munculnya benjolan yang bertumbuh dan membesar pada bagian tubuh tertentu
  • Terjadinya penebalan jaringan.
  • Pendarahan atau keluarnya zat cair dari tubuh.
  • Nyeri haid yang rutin dan berkepanjangan pada wanita
  • Sakit atau luka lama yang tidak sembuh-sembuh.
  • Kehilangan berat badan secara cepat

Kanker atau tumor usus besar terjadi karena disebabkan oleh tumbuhnya sel kanker atau sel tumor ganas yang ada di dalam permukaan usus besar, Kebanyakan kanker atau tumor usus besar berawal dari pertumbuhan sel yang tidak ganas atau adenoma, yang dalam stadium awal membentuk polip (sel yang tumbuh sangat cepat).

Penyebab Terjadinya Tumor

Kanker usus biasanya terjadi pada bagian usus besar. Usus besar berfungsi dalam penyerapan air dan pembusukan sisa makanan. Kanker banyak sedikitnya terjadi berkaitan dengan fungsinya tadi ditambah kebiasan hidup dan pola makan yang tidak sehat. Maka dari itu sangatlah penting memperhatikan makanan sehat untuk penderita kanker usus besar . Berikut Penyebab terjadinya Tumor di usus yaitu : 

  • Terlalu banyak  Merokok dan Alkohol
    Bahan kimia dalam tembakau yang ditemukan bersifat karsinogen atau meningkatkan risiko kanker pada umumnya. Penelitian besar telah menunjukkan bahwa konsumsi alkohol berlebihan juga sangat rentan terkena kanker. Sering minum minuman beralkohol
  • Anti makan sayur dan buah , Banyak orang yang anti makan sayur dan buah, sehingga  asupan serat ke dalam tubuh tidak seimbang. Hal ini membuat kerja usus besar dalam membusukkan makanan semakin berat. Makanan pun akan lebih lama mengendap di bagian usus besar. Kontak dengan zat-zat kimia beracun yang tidak disadari masuk bersama makanan, akan semakin memperlama proses pembusukan tersebut. Sel-sel usus besar yang tadinya tumbuh normal berpotensi mengalami pertumbuhan tidak normal. Disinilah letak kaitan kurangnya asupan sayur dan buah dengan kanker usus.
  • Kurang gerak disertai obesitas , Kurangnya gerak apalagi bagi Anda yang mempunyai berat badan berlebih menyebabkan metabolisme tidak lancar, terlebih pada sel usus. Jika kebiasaan ini berlanjut maka akan terjadi potensi ketidaknormalan pertumbuhan sel pemicu kanker.

     

  • Kebiasaan mengkonsumsi minuman keras dan makanan sampah , Mengkonsumsi minuman keras lebih banyak kerugiannya dari pada manfaatya. Minuman keras akan di ubah menjadi senyawa asetildehid di dalam usus yang bisa memicu kanker. Ditambah kebiasaan makan makanan sampah yakni makanan siap saji yang kaya akan bahan pengawet dan zat-zat kimia lainnya yang berbahaya.
  • Terpapar radiasi elektromagnetik ,Walaupun kasusnya jarang, namun hal ini bukan tidak mungkin terjadi. Apalagi dengan semakin banyakya barang-barang elektronik yang mengelilingi hidup kita.
  • Radiasi matahari yang menembus hingga ke bagian dalam tubuh dan mengubah karakteristik kulit akibat jaringan kulit yang tidak dapat menahannya.
  • Pengaruh lingkungan, yaitu adanya zat kimia yang terserap oleh darah dan menjadi racun bagi jaringan tubuh.
  • Gaya hidup tidak sehat.
  • Usia
    Risiko kanker usus meningkat dengan usia. Sebagian besar kasus terjadi pada orang tua yang berusia 60-70 tahunan, sementara dalam kasus sebelum usia 50 tahun jarang terjadi, kecuali terdapat riwayat keluarga dengan kanker usus besar.
  • Kondisi genetik , Faktor genetik (keturunan)
    Kondisi genetik tertentu mempersiapkan diri untuk mendapatkan Darmkrebsen. Misalnya, dengan adenomatosa (FAP) Familial dan turun-temurun tidak – poliposis (HNPCC) kanker usus besar juga dikenal sebagai sindrom Lynch pada risiko yang lebih tinggi.

FAP mempengaruhi 1 dari 10.000 orang. Individu-individu mengembangkan beberapa non-kanker polip di usus. Ini bukan kanker, tetapi setidaknya satu dari mereka dapat mengubah jenis kanker.

HNPCC mempengaruhi setidaknya 2,5% dari semua kasus kanker kolorektal. Hal ini disebabkan oleh mutasi genetik. Sekitar 90% pria dan 70% wanita dengan HNPCC mengembangkan perubahan kanker usus besar sampai mereka berusia 70 tahun.

  • Riwayat keluarga
    Sekitar 20% dari orang yang memiliki kanker usus besar keluarga adalah tingkat pertama (orang tua atau saudara) atau tingkat kedua dari kerabat juga berpengaruh (paman, bibi atau sepupu) dengan kanker yang sama.
  • Faktor makanan
    Ada beberapa studi yang telah menunjukkan bahwa makan daging merah dan rendah serat dapat meningkatkan risiko mengembangkan kanker usus besar.
  • Obesitas
    Obesitas mengacu pada peningkatan risiko kanker usus besar. Pria obesitas adalah 50% yang lebih mungkin untuk mengembangkan kanker usus besar dibandingkan orang dengan berat badan yang sehat. Dengan indeks massa tubuh (BMI) lebih dari 40, dua kali lebih mungkin untuk mengembangkan kanker usus besar. Wanita gemuk memiliki peningkatan risiko kecil terkena kanker usus besar, tetapi wanita gemuk tdk sehat adalah 50% yang lebih mungkin untuk mengembangkan kanker usus besar dibandingkan wanita dengan berat badan yang sehat.
  • Kurang olah raga
    Kurang berolah raga juga rentan terkena penyakit kanker usus besar. Risiko kanker usus besar dapat dikurangi ketika seorang menjalani olah raga satu jam per hari.
  • Penyakit pencernaan lainnya
    Seseorang dengan kondisi seperti gangguan radang usus (misalnya penyakit Crohn dan kolitis ulserativa) berada pada risiko lebih tinggi terkena kanker usus besar. Penyakit Crohn memiliki resiko 2-3 kali lipat lebih tinggi.

 

Pencegahan dan pengobatan penyakit kanker usus

  • Cara terbaik dalam penyembuhan penyakit kanker usus adalah dengan menjalani gaya hidup dan pola makan yang sehat, karena hal itu akan turut memberi kontribusi terhadap proses penyembuhan yang akan berlangsung lebih cepat. Selain itu, dianjurkan bagi penderita penyakit kanker usus untuk memilih metode pengobatan yang tepat untuk menyembuhkan keluhan penyakit dideritanya. Solusi penyembuhan yang kami rekomendasikan untuk anda adalah dengan menggunakan cara alami dengan memanfaatkan ramuan herbal dari tanaman berkhasiat , atau dengan suplemen herbal alami anti kanker , serta perbanyak minum suplemen antioksidant untuk daya tahan tubuh dan sistem imun.

Makanan yang Harus di Hindari Penderita Kanker usus

Sudah kita ketahui bahwa kanker usus adalah penyakit yang sangat menakutkan dan berbahaya oleh karena itulah kita harus waspada akan hal itu ketika kita terkena penyakit ini kita jangan menjadi lemah atau menjadi tidak semangat hidup karena setiap penyakit pasti ada obat nya kita harus yakin dengan hal itu jika kita sudah terkena oleh penyakit ini ada beberapa makanan yang harus kita hindari agar penyakit kanker usus ini tidak semakin parah .

Bagi anda penderita penyakit kanker usus, wajib untuk mengetahui dan menghindari beberapa jenis makanan yang termasuk ke dalam pantangan makanan untuk penyakit kanker usus. Hal ini dimaksudkan agar penyakit kanker usus yang dikeluhkan tidak menjadi semakin parah dan proses penyembuhan yang sedang dijalani akan berlangsung lebih cepat. Adapun pantangan bagi penderita penyakit kanker usus adalah sebagai berikut:

  • Beberapa macam daging , Unggas, sea food seperti udang, kerang , kepiting, cumi dan makanan laut lainnya harus dihindari, hal ini karena beberapa makanan laut tersebut mengandung lemak yang tinggi dan akan sangat berbahaya jika dikonsumsi oleh penderita penyakit kanker usus. Selain itu, ikan asin yang diolah dengan menggunakan bahan yang tidak segar mengalami penguraian sehingga menjadi bahan allergen yang mengundang reaksi imunitas tubuh. Akibatnya, tubuh akan mengalami gatal-gatal, bengkak, dan meriang. Lemak daging sapi, kerbau, kambing, babi juga harus dihindari karena memfasilitasi pertumbuhan sel yang tidak normal.
  • Sayur-sayuran dan buah-buahan , Ada beberapa jenis buah dan sayuran yang tidak boleh dikonsumsi oleh penderita penyakit kanker usus, adapun jenis buah dan sayuran tersebut adalah sebagai berikut:
  1. Durian, hal ini karena durian menghasilkan alkohol sehingga merangsang pertumbuhan sel kanker.
  2. Lengkeng dan Nangka mengandung zat yang mendorong pertumbuhan sel kanker
  3. Sawi putih dan kangkung perlu dihindari karena dapat mengurangi efektifitas kiner ja obat-obatan
  4. Cabai merangsang aktifitas bawah sadar, sehingga menurunkan jumlah oksigen dalam tubuh
  5. Tauge, hal ini karena tauge dapat mendorong pertumbuhan sel kanker.
  6. Makanan yang diawetkan
  • Jenis Makanan Yang Diawetkan
    Kenapa demikian, karena kandungan dalam makanan yang diawetkan tersebut mengandung senyawa kimia atau bahan pengawet yang dapat berubah menjadi karsinogenaktif dan akan memicu penyakit kanker usus.
  • Makanan yang cara pengolahannya tidak sehat seperti digoreng berulang kali dan dibakar sampai ada bagian yang berubah hitam menjadi karbon.

Makanan-makanan di atas harus lah kita hindari ketika kita terkena penyakit kanker usus kalau kita terus mengkonsumsi makan makanan di atas penyakit kanker usus kita akan semakin bertambah parah dan akan semakin berbahaya .Hal ini karena kandungan dalam makanan yang diawetkan tersebut mengandung senyawa kimia atau bahan pengawet yang dapat berubah menjadi karsinogenaktif dan akan memicu penyakit kanker usus. Itulah sedikit informasi yang saya bisa sampaikan dalam kesempatan kali ini semoga bermanfaat bagi anda semua.
Anjuran Makanan Yang Baik Untuk Penderita Kanker Usus

  • Data menyebutkan 80% penderita kanker usus parah memiliki peluang untuk hidup setidaknya satu tahun setelah di diagnosa mengalami kanker .bahka setengah dari 80% masih bisa memiliki peluang untuk dapat hidup lebih lama ke depatnya setidak nya hingga 10 tahun ke depan .
  • Peluang seorang penderita kanker akan kesembuhan tergantung pada seberapa parah kanker tersebut menyebar pada saat ter diagnosa serta semakin cepat di obati pun akan semakin mempertinggi harapan hidup penderita kanker .
  • Banyak cara yang dapat di lakukan dalam menyembuhkan kanker usus selain dengan pengobatan . Berolahraga salah satu contoh nya . yang di lakukan selama 2 setengah jam dalam seminggu . pilihan jenis olahraga nya pun beragam salah satu yang di rekomendasikan adalah jalan cepat dan bersepeda .
  • Konsumsi makanan sehat untuk penderita kanker usus besar adalah makanan yang kaya serat, kaya vitamin dan mineral serta lemak sehat seperti sayuran dan buah-buahan.

Berikut ini makanan yang dianjurkan untuk mencegah kanker usus besar, resep makanan untuk penderita kanker usus, makanan untuk penderita kanker usus , makanan sehat untuk penderita kanker usus, makanan untuk penderita kanker usus, makakan untuk kanker usus, makanan yang cocok untuk penderita kanker usus, makanan yang boleh dimakan oleh penderita kanker usus, makanan yang cocok untuk tumor usus, resep makanan untuk penderita kanker usus. :

  • Alpukat , Serat sangat faktor yang sangat penting untuk memerlancar pencernaan dan mencegah munculnya polip. Alpukat adalah salah satu jenis makanan tinggi serat, begitu juga gandum utuh, oatmeal beras merah, dan kacang-kacangan hitam.
  • Ubi ,  
  • Makanan kaya antioksidan adalah pilihan yang baik untuk menangkal semua jenis sel kanker karena dapat menetralisir efek negatif yang disebabkan oleh radikal bebas. Makanan seperti bayam, kale, brokoli, ubi dan wortel merupakan sumber antioksidan alami.
  • Susu dan telur merupakan salah satu asupan yang sangat baik bagi penderita kanker usus dan untuk mencegah kanker usus. Study mengatakan mengkonsumsi susu dan telur yang dibarengi dengan konsumsi sayuran pada saat makan dapat mengurangi resiko kanker usus sebesar 16% , maka jangan abaikan susu , telur serta sayuran yang sangat baik untuk kesehatan usus Anda .
  • Jahe , Rempah-rempah seperti jahe dapat bertindak sebagai anti-inflamasi yang berguna untuk membunuh sel-sel kanker usus besar. Rempah-rempah lain yang memiliki fungsi yang sama yaitu bawang putih, kunyit, oregano, dan bawang merah.
  • Yoghurt , Probiotik mampu merangsang usus dan merupakan sumber bakteri baik yang berguna untuk menjaga flora usus Anda tetap sehat dan seimbang. Selain yoghurt, makanan lain yang kaya akan probiotik antara lain adalah acar, sup miso, dan cuka sari apel atau apple cider vinergar .
  • Sayur dan buah yang wajib dikonsumsi penderita usus besar untuk mencukupi kebutuhan akan serat tubuh. Diantaranya : buah pisang, pepaya, alpukat, dan sayur – sayuran hijau
  • fiber alami seperti Green fiber ,moringa biogreen ,amazon berries , Fiforlife , estolisn , fiber dari herbalife , dll.
  • Suplemen herbal , obat herbal alami , herbal alami , vitamin herbal  seperti super lutein mirtoplus , s lutena , octo stem 35 , Kmuricata dengan amazon berries , bioalpha rnw 10 dan aox 28 , terapi air hydrogen , dll.

Nah Buat Anda mulailah dengan pola hidup sehat dan pola hidup yang baik dan teratus , sehat itu mahal lho makanya sayangi hidup Anda , dan berilah yang terbaik untuk kesehatan Anda !!! Selain pola hidup dampingin dengan obat herbal , suplemen herbal atau vitamin herbal yang ampuh dan aman untuk menjaga atau sebagai terapi pengobatan .

Silahkan hubungin kami untuk mendapatkan produk – produk herbal , obat herbal , suplemen herbal , vitamin herbal untuk terapi pengobatan Kanker usus , tumor usus hanya di toko herbal online terpercaya , sebagai toko online yang aman terpercaya.

%d bloggers like this: