Jenis Buah dan Sayur Yang Dapat Melancarkan ASI

Jenis Buah dan Sayur Yang Dapat Melancarkan ASI

Buah dan Sayur Untuk Ibu Menyusui

Buah dan Sayur Untuk Ibu Menyusui

Jenis buah dan sayur yang dapat melancarkan asi – ASI (Air Susu Ibu) adalah makanan pokok bagi bayi hingga usianya mencapai 6 bulan, setelah itu asi harus tetap diberikan hingga usia bayi 2 tahun. Asi mengandung banyak zat gizi yang sangat diperlukan bayi untuk pertumbuhan dan perkembangannya. Komposisi gizi yang terkandung dalam asi tidak bisa digantikan oleh susu apapun, oleh karena itu kualitas dan kuantitas asi yang dihasilkan oleh ibu menyusui harus selalu terjaga. Kualitas dan kuantitas asi ini sangat dipengaruhi oleh makanan yang dikonsumsi oleh ibu menyusui.

Berikut adalah 9 jenis buah dan sayur yang jika dikonsumsi dengan benar dapat melancarkan ASI Anda saat sedang menyusui.

  • Edamame/Kedelai.
Kedelai

Kedelai

Edamame atau kedelai Jepang ini memang sumbernya protein nabati. Edamame juga mengandung vitamin K, mangan, asan folat, vitamin C, riboflavin, zat besi, magnesium, fosfor, dan kalium.

Baik untuk memenuhi kebutuhan protein harian ibu menyusui yang mencapai 65 gr. Bila Anda sedang bosan makan ikan, unggas atau daging sebagai sumber protein, coba saja edamame. Kekurangan protein bisa membuat produksi air susu berkurang, bahkan cadangan protein dalam tubuh akan ikut berkurang.

– Tips mengkonsumsi: Enaknya jadi camilan setelah direbus, atau sebagai bahan campuran telur dadar.

  • Pepaya & Bunga Pepaya.
pepaya

pepaya

Pepaya kaya vitamin A, vitamin C, asam folat, dan kalium. Papaya juga rendah kandungan kolesterol, lemak jenuh dan natrium. Pepaya punya kandungan lebih banyak 33% vitamin dan 50% kalium dibanding jeruk. Buah pepaya baik untuk memenuhi kebutuhan kalium di masa menyusui. Merawat balita cukup menguras tenaga, sehingga bila Anda kekurangan kalium maka akan merasa sangat lelah. Kekurangan kalium juga menyebabkan perubahan suasana hati menjadi seperti depresi, sementara saat menyusui Anda perlu berpikiran positif dan bahagia.

– Tips mengkonsumsi: dimakan langsung, atau dibuat mix juice dengan buah lain.

 

Bunga Pepaya

Bunga Pepaya

Selain buahnya, bunga dari buah pepaya juga baik untuk melancarkan ASI. Bunga pepaya kaya vitamin A dan vitamin C. Bunga yang berwarna kuning pucat ini juga mengandung kalsium dan fosfor. Konsumsi bunga pepaya dapat mempercepat proses pencernaan protein karena adanya enzim papain (terdapat juga di buah dan daunnya). Enzim itu berguna untuk memecah protein yang Anda makan, apalagi saat menyusui dibutuhkan protein sekitar dua kali lipat dibanding kebutuhan normal. Bunga papaya juga bisa merangsang nafsu makan.

– Tips mengkonsumsi: Ditumis, direbus atau disiram air mendidih untuk lalap.

 

  • Semangka.
semangka

semangka

Semangka kaya vitamin A dan C, kalium serta asam folat, namun rendah kandungan lemak jenuh, kolesterol dan natrium. Buah semangka baik untuk memenuhi kebutuhan vitamin A ibu menyusui yang satu setengah kali lipat lebih banyak daripada perempuan yang tidak menyusui. Kadar air yang tinggi pada semangka jga baik untuk asupan cairan tubuh. Dalam sehari, ibu menyusui setidaknya minum 8 gelas cairan setiap hari, baik dalam bentuk air putih, jus, the, kopi tanpa kafein, dan susu.

– Tips mengkonsumsi: Dibuat jus, tak perlu belepotan terkena tetesan air semangka saat digigit.

  • Daun katuk.
Daun Katuk

Daun Katuk

Daun katuk kaya protein, kalium, fosfor, zat besi, vitamin A, B1 dan vitamin C. katuk juga mengandung alkaloid dan sterol yang mempengaruhi produksi ASI. Dalam 100 gr daun katuk juga terkandung 239 mg vitamin C, sudah jauh lebih cukup untuk memenuhi kebutuhan ibu menyusui, yakni 95 mg. tak perlu khawatir kelebihan vitamin C karena ambang batas toleransinya adalah 2000 mg/hari. Hanya dengan melahap sayur daun katuk, Anda tak perlu lagi minum suplemen vitamin C.

Daun katuk baik untuk memperlancar ASI karena mengandung asam seskuiterna. Penelitian Sa’roni, Tonny Sadjimin, Mochammad Sja’bani dan Zulaela di Slmena, Yogyakarta (2004) menunjukkan bahwa setelh mengonsumsi daun katuk, volume ASI bisa meningkat hingga 50%.

– Tips mengkonsumsi: Lebih enak jika disayur seperti sayur bening atau sayur bobor. Dapat juga Anda tambahkan biji jagung muda agar lebih enak.

  • Kacang hijau.
Kacang Hijau

Kacang Hijau

Kacang hijau adalah sayuran yang kaya protein, tiamin (vitamin B1), zat besi, magnesium, fosfor, kalium dan mangan. Kacang hijau juga sumber asam folat tapi rendah kandungan natrium, lemak jenuh dan sama sekali tidak mengandung kolesterol. Kacang hijau juga baik untuk sumber protein nabati. Tiamin atau vitamin B1 mengubah karbohidarat menjadi energi karena ibu menyusui butuh energi lebih besar dibanding saat hamil. Bila kekurangan tiamin Anda jadi mudah tersinggung, sulit konsentrasi dan kurang bersemangat. Mood yang baik akan memicu hormon oksitosin untuk mengeluarkan ASI.

– Tips mengkonsumsi: Enaknya dibuat jus, minum bersama kacangnya untuk mendapat nutrisi yang lebih banyak.

  • Jambu Air.
Jambu Air

Jambu Air

Jambu air kaya vitamin A, C, kalsium, fosfor, dan zat besi. baik untuk emmenuhi kebutuhan kalsium yang meningkatkan fungsi otot dan saraf, serta vitamin A yang berguna untuk melindungi sistem kekebalan tubuh bayi dan meningkatkan ketahanannya terhadap infeksi. Buah yang kadar airnya cukup tinggi ini bersifat mendinginkan sehingga memberikan rasa memenangkan saat dimakan, bisa menetralisir rasa tertekan pada ibu pasca melahirkan.

– Tips mengkonsumsi: Enaknya dimakan langsung, apalagi dengan bumbu rujak.

  • Labu siam.
Labu Siam

Labu Siam

Kaya asam folat, vitamin C dan K, seng (zinc) dan mangan. Labu siam juga sumber vitamin B6, magnesium dan kalium.

Baik untuk memenuhi kebutuhan asam folat. Meski ibu menyusui tidak memerlukan asam folat sebanyak saat hamil, namun kebutuhan asam folat tetap dua kali lipat daripada perempuan yang tidak menyusui. Mengonsumsi 100 gram labu siam cukup untuk memenuhi sekitar 23% kebutuhan asam fotal tubuh. Asam folat itu penting untuk pembentukan sel, hemoglobin dalam darah, serta perkembangan jaringan tubuh bayi.

– Tips mengkonsumsi: Direbus dan langsung dimakan, apalagi labu siam berukuran kecil, rasanya manis.

  • Pare.
Pare

Pare

Kaya vitamin C, anti oksidan yang berguna untuk melindungi sel dari kerusakan, meningkatkan kesehatan tulang, gigi, gusi dan pembuluh darah, serta meningkatkan penyerapan zat besi. Kandungan senyawa fitokimia lutein dan likopennya juga berkhasita untuk merangsang produksi insulin.

Baik untuk ibu menyusui yang emnderita diabetes mellitus karena dapat menurunkan kadar gula dalam darah. Pare juga dikenal sebagai antikanker, antibiotik antivirus, dan pembasmi cacing usus.

– Tips mengkonsumsi: ditumis, karena bisa menyamarkan rasa pahitnya.

  • Bayam hijau/merah.
Bayam Hijau

Bayam Hijau

Bayam kaya akan vitamin B6, zat besi, protein, thiamin, ribloflavin, asam folat, kalsium, magnesium, fosfor, kalium, vitamin A, C, E, dan K. Bayam juga baik untuk membangun sistem kekebalan tubuh bayi agar kuat. Ini didapat dari vitamin B6. saat menyusui, kebutuhan vitamin B6 Anda satu kali lebih tinggi dibanding wanita yang tidak menyusui atau hamil. Jadi, konsumsi bayam lebih banyak dari biasanya akan menambah kandungan vitamin B6 dalam ASI. Bayam rendah kaloi, sama sekali tidak mengandung lemak, tapi kaya nutrisi. Pilih bayam yang warna pekat, hijau atau merah. Kepekatan warna, salah satu ciri kandungan karoten yang lebih banyak, bermanfaat untuk melawan radikal bebas.

– Tips mengkonsumsi: Disayur bening, menu sederhana kesukaan semua orang. Buat dalam porsi sekali makan karena sayur bayam tidak boleh dipanasi ulang.

 

Itulah beberapa buah dan sayur yang dapat memperbanyak produksi ASI dengan rutin mengkonsumsi buah dan sayur yang dianjurkan insyaallah dapat membantu anda dalam meningkatkan produksi ASI untuk buah hati anda. Selain buah dan sayur ada juga dapat mengkonsumsi suplemen herbal untuk menambah produksi ASI. Herbal yang di sarankan yaitu herbal ALFALFA COMPLEX dari Shklee.

Alfalfa merupakan jenis tumbuhan yang mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan. Alfalfa merupakan tumbuhan jenis kacang-kacangan yang tanamannya dapat tumbuh dengan panjang hingga 1 meter. Nama latin dari alfalfa yaitu Medicago sativa. Tumbuhan alfalfa dapat berbunga dengan bentuk bunga kecil dan berwarna ungu. Tumbuhan alfalfa bisa bertahan dalam kondisi yang kerang air karena akar alfalfa memiliki akar yang dalam yaitu hingga mencapai 4,5 meter. Dengan sistem akar yang dalam menjadikan tanaman alfalfa mampu menyerap mineral yang tidak dapat didapatkan hanya dipermukaan tanah. Nama alfalfa berasal dari bahasa Arab yang mempunyai arti ayah dari tanaman.

Meningkatkan produksi ASI

Daun alfalfa sangat bagus untuk dikonsumsi oleh ibu yang sedang menyusui untuk memperlancar serta meningkatkan produksi ASI dengan zat fiostrogen yang terkandung di dalam daun alfalfa. Kandungan zat yang sangat baik untuk kesehatan yang ada di dalam daun alfalfa juga sangan baik untuk memenuhi zat gizi bayi. Ibu yang sedang menyusui bisa mengkonsumsi daun alfalfa dengan membuatnya sayur bening atau sop sehingga kandungan zat gizi dalam daun alfalfa akan secara alami masuk kedalam tubuh ibu dan akan tersalur ke tubuh bayi melalui ASI yang diminum oleh bayi.

Kandungan Daun Alfalfa

Tanaman alfalfatela terkenal sejak zaman dahulu dengan banyak khasiat untuk kesehatan. Orang Cina telah sejak berabad-abad menggunakan tanaman alfalfa sebagai bahan dasar pembuatan obat tradisional. Tanaman alfalfa mengandung banyak kandungan yang sangat baik untuk kesehatan seperti kalsium, magnesium, fosfor, kalium serta zat besi. Kandungan yangterdapat dalam tanaman alfalfa meliputi vitamin B, C, E serta K. Kandungan zat lain yang berguna bagi kesehatan dan tubuh kita dalam alfalfa diantaranya meliputi fluorida, protein, mineral, serat, asam lemak esensial serta antioksidan yang sangat baik untuk kesehatan.

Mengatasi berbagai keluhan kehamilan

Ibu sedang hamil sering mengalami keluhan seperti morning sickness, mulas, sembelit serta anemia. Daun alfalfa yang telah diekstrak menjadi tablet alfalfa akan mampu mengatasi berbagai keluhan yang dirasakan dan sering dialami oleh ibu hamil sehingga ibu hamil tidak akan begitu tersiksa dengan berbagai keluhan yang dialami.didaerah yang digigit.

Sama seperti kalsium yang sangat berguna untuk mencegah kehilangan darah yang berlebihan, vitamin K-pun juga memunyai peranan yang sangat penting dalam hal perdarahan. Vitamin K merupakan Anti koagulasi dan perannya yang penting dalam “menjaga kemampuan pembekuan darah pada tingkat yang tepat”. Gejala rendahnya kadar vitamin K termasuk anemia dan perdarahan. Untuk alasan ini, banyak bidan merekomendasikan suplemen vitamin K selama minggu-minggu terakhir kehamilan. Mereka memahami bahwa meningkatkan kadar vitamin K dapat membantu mencegah perdarahan. Semakin tingginya tingkat vitamin K juga akan menguntungkan bayi dan meningkatkan kandungan vitamin K dari kolostrum ibu, sehingga secara alami mengurangi risiko bayi mengalami perdarahan akibat vitamin defisiensi K. Beberapa sumber makanan yang sangat baik dari vitamin K antara lain: kangkung, bayam


Alfalfa merupakan sejenis tanaman herbal yang mengandung protein, vitamin, serta mineral yang tinggi. Kandungan Alfalfa inilah yang mendorong Dr. Shaklee pada tahun 1950 melakukan penelitian lebih mendalam dan berhasil membuat ekstrak dari Alfalfa dalam bentuk tablet yang kemudian dikenal dengan Alfalfa Complex dari Shaklee.

Alfalfa merupakan sumber nutrisi yang sangat baik , yang bermanfaat membantu meningkatkan nafsu makan, meringankan sembelit dan pembengkakan yang sering menyertai rematik dan radang sendi. Herbal ini sangat membantu sekali dalam mengobati ginjal dan infeksi saluran kencing dan detoksifikasi tubuh, terutama hati. Dan juga menghilangkan kembung serta retensi air.

Keistimewaan Alfalfa Shaklee

1 . Sumber terbaik dari daun alfalfa ( tanpa akar dan batang )
2 . Alfalfa Shaklee ditanam tanpa penyemprotan bahan kimia
3 . Di sediakan dalam dua paket berukuran 330 biji dan 700 biji
4 . Pil dapat dihancurkan dan dicampur dengan air sebagai minuman herbal alami
5 . Tidak memberikan mudarat kepada bayi yang menyusu seperti panas dan diare
6 . Alfalfa Shaklee tiada rasa buatan , pemanis , pewarna dan pengawet buatan .
7 . membersihkan hati
8 . Membantu melengkapakan zat dan nutrisi dalam diet seseorang

Selengkapnya Tentang Produk Alfalfa Complex Shaklee :

Harga Alfalfa Shaklee

Harga Alfalfa Complex Shaklee

Harga Alfalfa Complex Shaklee

  • Harga Alfalfa Shaklee untuk 330 kapsul Rp 350.000,-
  • Harga Alfalfa Shaklee untuk 700 kapsul Rp 600.000,-
  • Harga belum termasuk ongkir, Untuk perkiraan ongkir disesuaikan kota tujuan
  • Pengiriman setiap hari melalui JNE , TIKI , POS INDONESIA , DAKOTA
  • Konfirmasi transfer sebelum jam 5 sore bisa dikirim hari itu juga

 

Hal – hal yang harus dan perlu dihindari , Alfalfa complex dari shaklee walaupun bukan obat namun disarankan supaya efek terapi dari Alfalfa complex dari shaklee maksimal maka konsumsi sebaiknya tidak bersamaan dengan minum kopi atau teh ataupun susu dan juga tidak juga makanan dan minuman tertentu yang bisa menghambat proses penyerapan nutrisi di dalam tubuh. Kecuali diselingi waktu sekitar 1-2 jam.

 

Informasi lebih lanjut silahkan hubungi kontak person pada website.

 

Jenis Buah dan Sayur Yang Dapat Melancarkan ASI

 

You may also like...

%d bloggers like this: